Firstplay88 Cara Menanam Biji Duku Biar Cepat Tumbuh

Cara Menanam Biji Duku Biar Cepat Tumbuh – – Firstplay88 Cara mencangkok pohon kelengkeng, Suka dengan buah kelengkeng? Buah manis dan segar ini sangat populer di Indonesia, baik segar maupun olahan. Namun tahukah Anda kalau kelengkeng juga merupakan tanaman yang bernilai ekonomi tinggi? Benar sekali, kelengkeng merupakan salah satu produk tanaman yang banyak diminati di pasar domestik dan internasional.

Oleh karena itu, banyak orang yang tertarik menanam kelengkeng di pekarangan dan kebunnya. Namun menanam kelengkeng dari biji tidaklah mudah, karena membutuhkan banyak waktu dan hasil yang tidak pasti. Oleh karena itu, ada teknik perbanyakan tanaman yang lebih cepat dan efektif: okulasi.

Cara Menanam Biji Duku Biar Cepat Tumbuh

Firstplay88 Okulasi merupakan suatu teknik perbanyakan tanaman secara vegetatif yang dilakukan dengan cara menempelkan bagian tanaman (enten) yang diinginkan pada tanaman lain (akar) sehingga jaringannya menyatu dan tumbuh akar baru. Teknik ini cocok untuk perbanyakan kelengkeng, karena kelengkeng termasuk tanaman yang sulit berkembang biak secara seksual (dari biji).

Jual 5 Benih Bibit Kedelai Benih Kedelai Edamame Super Bibit Sayuran Ryoko 75 Kacang Jepang Unggul Tanaman Sayur Berkualitas Premium Seed Benih Seribu Official Store Semarang

Firstplay88 Proses pengupasan diawali dengan memilih bagian batang pohon yang akan disambung. Selanjutnya gunakan pisau untuk mengupas kulit pohon yang panjangnya sekitar 5 – 10 cm. Pastikan proses pengupasan dilakukan dengan hati-hati agar kulit batang bersih dan tidak ada lagi kambium yaitu lapisan tipis berwarna hijau di bawah kulit batang. Pentingnya pembersihan kambium dilakukan agar tidak terjadi penyambungan kembali antara kulit kayu dengan kayu batang sehingga dapat mengganggu proses okulasi.

Langkah selanjutnya adalah mencampurkan tanah dan kompos dengan perbandingan 1:1, lalu menambahkan air hingga menjadi campuran basah. Kemudian tempelkan media tanam yang sudah dibuat sebelumnya pada area batang pohon yang sudah dikupas. Pastikan untuk meratakan media tanam dengan tangan. Fungsi media tanam ini tidak hanya sebagai sumber nutrisi bagi tanaman tetapi juga sebagai tempat tumbuhnya akar baru secara maksimal. Proses ini memberikan kondisi yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan tanaman yang dicangkok.

Dapatkan plastik berkualitas, ketebalan sedang dan tahan sobek. Selanjutnya gunakan plastik film untuk membungkus rapat media tanam pada batang pohon. Pastikan plastik diikat dengan tali rafia pada bagian atas dan bawah media tanam agar tidak ada celah atau celah. Fungsi utama dari plastik jenis ini adalah untuk melindungi media tanam dari berbagai faktor luar, baik dari hama, penyakit, bahkan kekeringan. Upaya ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang optimal bagi pertumbuhan pohon cangkokan.

Sirami tanaman cangkok setiap hari dengan penyemprot untuk menjaga kelembapan media tanam. Selain itu, rawatlah baik-baik dahan cangkok dengan membersihkan daun dari debu dan kotoran, memangkas gulma, serta mengatasi masalah hama yang dapat mengancam pertumbuhan pohon. Proses pemeliharaan rutin ini akan memberikan kondisi lingkungan yang optimal bagi pertumbuhan tanaman cangkok.

Pohon Kurma: Ciri Ciri, Asal, 13 Jenis, Habitat Dan Manfaat

Setelah 2-3 bulan, periksa sambungannya dengan membuka perlahan lembaran plastik di bagian bawah media tanam. Jika Anda melihat akar berwarna putih dan sehat, berarti cangkokan siap dicabut. Gunakan pisau untuk memotong dahan cangkokan dari batang induk, sekitar 10 cm dari media tanam.

Buka penutup plastik media tanam, lalu bersihkan sisa tanah atau pupuk dari akar. Hati-hati jangan sampai merusak akar yang halus.

Cabut cabang yang dicangkokkan dengan hati-hati dan letakkan di tempat yang sejuk dan teduh. Sirami dahan cangkok dengan air bersih agar akar tidak mengering.

Buat lubang pada tanah atau pot yang sudah disiapkan, dengan kedalaman dan lebar sekitar 20 cm. Isi lubang dengan campuran tanah dan kompos dengan perbandingan 1:1, lalu basahi dengan air.

Jual Tanaman Alpukat Kelud Cepat Tumbuh

Masukkan potongan ke dalam lubang, lalu letakkan secara vertikal dan rata. Pastikan akar cangkokan tidak terlipat atau terpotong.

Tutupi lubang dengan tanah, lalu padatkan dengan tangan. Siram tanaman dengan air bersih agar tanah menempel pada akar.

Okulasi kelengkeng merupakan salah satu teknik pemuliaan tanaman yang sederhana, praktis, dan memiliki banyak manfaat. Dengan mengikuti langkah dan tips yang telah dijelaskan di atas, Anda berhasil mencangkok lengkeng dan mendapatkan tanaman yang sehat dan berbuah. Semoga beruntung! Bibit pohon duku salah satunya bisa didapatkan dengan cara disemai. Cara mendapatkan bibit duku untuk ditanam sangatlah mudah, terutama dari biji buah yang kita makan, dari buah yang kita panen atau buah yang kita beli di pasar.

Menanam duku dari bijinya cukup mudah, namun harus dilakukan dengan benar agar nantinya bisa menghasilkan bibit duku yang tumbuh dengan baik dan subur.

Manfaat Buah Duku, Kandungan Gizi & Bagaimana Cara Budidayanya?

Bibit duku yang dibudidayakan bisa diperoleh dari buahnya. Pilihlah buah duku berkualitas yang sudah sangat tua dan matang agar dapat tumbuh dengan baik.

Buang bijinya dari buahnya, pisahkan bijinya dari daging buahnya, lalu pilihlah yang bentuknya sempurna dan tidak ada cacat. Cuci benih hingga lendir yang tersisa pada daging buah hilang agar tidak menimbulkan kondisi bagi tumbuhnya jamur dan menarik hama seperti semut, dll. Setelah dibersihkan dan dikeringkan secara menyeluruh.

Tahap selanjutnya adalah proses perkecambahan biji duku. Cara mengawetkan biji duku adalah dengan menutupnya dengan tisu basah dan memasukkannya ke dalam kotak seperti toples, kemudian menutupnya rapat-rapat dan menaruhnya di tempat yang sejuk. Dengan proses perkecambahan ini benih duku akan berkecambah artinya akan menghasilkan akar dan batang setelah 3-4 minggu. Dan setelah bertunas, saatnya menanam bibit duku di polibag.

Jika benih sudah berkecambah berarti siap ditanam di dalam pot agar dapat tumbuh maksimal. Budidaya tanaman ini diawali dengan penyiapan media tanam terutama tanah gembur dan subur, tanpa campuran.

Cara Mencangkok Pohon Buah Yg Benar & Terbukti Keberhasilannya

Buatlah lubang tanam pada substrat pada potting bag, tanam tunas bibit duku dengan hati-hati agar tunas tidak rusak apalagi patah. Kemudian sirami sampai bersih. Tempatkan di tempat teduh tetapi dengan setidaknya 50% sinar matahari.

Siram secara rutin setiap 2 hari sekali untuk memenuhi kebutuhan air tanaman. Pemupukan dapat dilakukan pada saat bibit berumur 1,5 bulan dengan pupuk NPK larut air. Dosisnya adalah 1 sendok teh dilarutkan dalam 5 liter air. Sedangkan takaran pupuknya adalah 1 gelas larutan pupuk untuk setiap benih yang ditanam dalam polibag.

Apabila bibit duku yang ditanam dari bibit ini sudah berumur 10-12 bulan maka bibit duku dapat dijadikan sebagai pohon tunggu untuk okulasi tunas, sambung samping atau okulasi, menggunakan mata tunas dari bibit duku premium sehingga bibit duku lebih cepat berbuah dalam jangka waktu yang lama. masa depan. Benih duku lebih berkualitas. kualitas. .

Di atas adalah ulasan mengenai cara menanam duku dari biji, semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi anda.Buah duku atau Lansium parasiticum merupakan buah yang satu keluarga dengan buah langsat. Selain rasanya yang segar dan harganya yang terjangkau, buah duku ini juga mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, sehingga tak heran jika buah duku ini begitu digemari.

Vitamin Tanaman Buah Untuk Maksimalkan Hasil Panen Buah

Jika Anda juga seorang penghobi, tidak ada salahnya untuk menanam atau menanam duku sendiri, karena menanam duku tidaklah sulit.

Dalam penanaman pohon duku khususnya penanaman langsung di tanah harus dilakukan dengan benar agar pohon dapat tumbuh dan berbuah secara maksimal.

Oleh karena itu, untuk mempelajari cara menanam duku agar cepat berbuah, apalagi jika ditanam langsung di tanah, berikut akan kami jelaskan secara lengkap.

Saat menanam pohon duku, pastikan bibit yang ditanam merupakan hasil perbanyakan secara vegetatif seperti okulasi, okulasi, okulasi dan lain sebagainya. Karena pemilihan bibit dengan cara pembibitan ini maka pohon duku akan lebih cepat berbuah dan posisi pohon tidak terlalu tinggi. Karena jika menabur benih dari biji tanpa okulasi atau okulasi maka akan memakan waktu lama untuk berbuah.

Bibit Duku Buah Palembang Unggul Berkualitas Hasil Okulasi Kota Semarang

Saat ini bibit pohon duku bisa dengan mudah Anda temukan di toko bibit tanaman setempat atau bisa juga membelinya di SentraTani.com.

Tentukan terlebih dahulu lokasi penanaman benih duku, kemudian bersihkan lahan penanaman dari rumput liar atau gulma terutama tempat benih akan disemai.

Buatlah lubang tanam dengan ukuran panjang 60×60 cm dan kedalaman 60 cm. Jika menanam lebih dari 1 pohon, jarak antar lubang 6-8 meter.

Campurkan tanah galian dengan pupuk kandang matang sebagai pupuk dasar, tambahkan 2 kg per lubang. Kemudian masukkan tanah yang sudah dicampur pupuk ke dalam lubang dan diamkan minimal 1 minggu hingga lubang tanam siap ditanami.

Ajakan Tak Membuang Biji Buah Untuk Lingkungan

Setelah 1 minggu, gali lagi lubang tanam pada lokasi lubang yang diberi bahan tanaman dan pupuk, lubang ini hanya sebesar bibit. Taburkan bibit duku ke dalam lubang, buka kantong pot, lakukan dengan hati-hati dan usahakan bahan tanaman yang ada di dalam kantong pot tidak pecah agar tanaman tidak stres setelah ditanam.

Atur posisinya agar pohon tegak/tidak miring, tutupi dengan sisa bahan tanaman sampai ke pangkal batang. Buatlah gundukan kecil pada pangkal batang pohon agar lebih tinggi dari permukaan tanah disekitarnya.Tujuannya agar pada musim hujan tidak terjadi genangan air disekitar pohon yang dapat menyebabkan busuk akar.

Padatkan media tanam secara perlahan di sekitar pangkal batang, pastikan tanaman tertopang kuat, lalu sirami untuk mempertahankan kelembapan.

Untuk menjaga kelembapan area sekitar tanaman ini, selain menyiram, area sekitar tanaman juga ditutup dengan jerami kering hingga tertutup, namun jangan sampai menutupi pangkal batang.

Penerapan Teknik Sambung Atau Grafting Dalam Perbanyak Tanaman

Pemupukan juga penting untuk menunjang pertumbuhannya. Pupuk yang diberikan merupakan pupuk organik seperti pupuk yang digunakan sebulan sekali. Hal yang perlu diingat dalam penggunaan pupuk kandang adalah pupuk kandang harus benar-benar matang atau terfermentasi. Selain pupuk organik, kami juga memberikan pupuk NPK setiap 3 bulan sekali.

Demikianlah ulasan mengenai cara menanam duku agar cepat berbuah, semoga artikel ini dapat menambah ilmu dan bermanfaat bagi anda.

Untuk membeli bibit pohon duku atau

Cara menanam biji agar cepat tumbuh, cara menanam buah duku, cara menanam biji cabe biar cepat tumbuh, cara menanam biji durian agar cepat tumbuh, cara menanam biji kurma agar cepat tumbuh, cara menanam biji sawi agar cepat tumbuh, cara menanam biji durian biar cepat tumbuh, cara menanam biji alpukat agar cepat tumbuh, cara menanam biji alpukat biar cepat tumbuh, cara menanam biji mangga agar cepat tumbuh, cara menanam biji jagung agar cepat tumbuh, cara menanam duku

firstplay88
firstplay88
firstplay88
firstplay88
firstplay88
firstplay88
firstplay88
firstplay88
firstplay88
firstplay88
firstplay88
firstplay88
firstplay88
firstplay88
firstplay88
firstplay88
firstplay88
firstplay88
firstplay88
firstplay88
firstplay88
firstplay88
firstplay88
firstplay88
firstplay88
firstplay88
firstplay88
firstplay88
firstplay88
firstplay88
firstplay88
firstplay88
firstplay88
firstplay88
firstplay88
firstplay88
firstplay88
firstplay88
firstplay88
firstplay88
firstplay88
firstplay88
firstplay88

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *